Apa Itu Kemasan Sekunder Kosmetik? Lebih dari Pelindung

Berencana mengganti atau menciptakan kemasan produk kosmetik yang baru? Anda perlu memahami jenis-jenis kemasan kosmetik agar perlindungan produk semakin maksimal. Salah satu jenis kemasan kosmetik yang bisa digunakan adalah kemasan sekunder kosmetik.
Apa itu kemasan sekunder kosmetik? Pada dasarnya ada tiga jenis kemasan kosmetik yang digunakan, yaitu primer, sekunder dan tersier. Kemasan primer yang melindungi produk secara langsung, kemasan sekunder yang melindungi kemasan primer.
Ketiga adalah kemasan tersier yang berfungsi memudahkan pengiriman jarak jauh. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui apa itu kemasan sekunder kosmetik yang akan mempengaruhi wajah baru produk.
Seperti apa pengertian lengkapnya dan bagaimana fungsinya, simak dulu hingga akhir.
Apa Itu Kemasan Sekunder Kosmetik?
Pengertian kemasan sekunder adalah lapisan bagian luar demi memberikan perlindungan tambahan pada kemasan primer. Kemasan ini tidak akan bersentuhan langsung dengan produk tetapi tetap memiliki fungsi perlindungan.
Melansir dari FAQ Penandaan Kosmetik Badan POM, apa itu kemasan sekunder kosmetik adalah kemasan yang melindungi kemasan primer. Pada bagian ini pula harus tercantum informasi, seperti nama kosmetik, nomor bets, ukuran, isi/ berat bersih produk.
Apabila kosmetik berasal dari luar negeri, maka perlu juga menuliskan negara produsen dan industri yang melakukan pengemasan. Bukan hanya mengenal arti kemasan sekunder dan peraturan penggunaanya dari Badan POM, tetapi Anda menaati peraturannya.
Mengikutinya akan membuat produk Anda aman dari pengawasan Badan POM. Alasannya, Badan POM akan mengawasi penandaan kosmetik ketika produk sudah beredar. Apabila tidak mematuhinya Anda bisa mendapatkan sanksi langsung.
Tidak sulit tentunya memahami apa itu kemasan sekunder kosmetik dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan Badan POM. Nantinya produk Anda bisa bebas kendala setelah launching.


Kegunaan Kemasan Sekunder Kosmetik
Membuat kemasan sekunder bukan sekedar mengikuti aturan dari Badan POM. Ada banyak fungsi kemasan sekunder yang bisa Anda peroleh baik dari segi keamanan hingga pemasaran. Berikut ini semua kegunaannya:
Memberikan Perlindungan Tambahan
Kemasan sekunder memang tidak melindungi isi produk secara langsung tetapi menjadi perlindungan tambahan. Kehadirannya membuat kemasan primer tidak mudah terbentur atau terkena tekanan benda lain yang menimbulkan kerusakan fisik.
Mengingat pada saat proses distribusi, benturan sangat kerap terjadi. Jadi, dengan adanya kemasan sekunder akan membuat kemasan primer tetap utuh sampai ke toko hingga tangan konsumen.
Isi produk juga terjamin keamanannya sehingga manfaat dari kosmetik bisa diperoleh konsumen. Perlindungan ini juga akan meminimalisir kerugian pengembalian produk yang cacat saat distribusi.
Mengelompokkan Produk
Apa itu kemasan sekunder kosmetik sebagai pelindung kemasan primer bukan berarti lapisannya dibuat satu per satu untuk setiap produk. Kemasan sekunder bisa mengelompokkan beberapa kemasan primer menjadi satu unit agar mudah distribusinya.
Contoh, Anda mengemas 50 produk lipstik ke dalam satu boks karton sehingga memudahkan pengangkutan atau penyimpanannya. Oleh karena itu, jenis kemasan sekunder yang dipilih juga harus diperhitungkan kualitasnya.
Memudahkan Distribusi
Sebagai fungsi utama, kemasan sekunder dapat memudahkan pendistribusian produk baik jarak dekat maupun jauh. Anda sebagai pemilik bisnis tentunya membutuhkan kemasan yang efisien dalam pengiriman agar menghemat biaya operasional.
Selain itu, dalam distribusi kemudahan pembongkaran produk juga diperlukan. Kemasan sekunder dirancang agar mudah dibuka dan juga penyimpanan baik di rak toko maupun gudang.
Tidak banyak waktu yang diperlukan untuk membuka kemasannya dan menata pada display toko. Hal ini tentu menjadikan produk Anda memiliki nilai plus di kalangan distributor.
Meningkatkan Estetika Produk
Kemasan sekunder juga memiliki fungsi besar dalam meningkatkan estetika produk. Jadi, bukan hanya kemasan primer saja yang perlu Anda pertimbangkan desainnya.
Produk yang estetis tidak hanya menarik untuk tertata rapi di rak toko tetapi menjadi daya tarik tersendiri di kalangan konsumen. Cukup banyak konsumen yang menentukan pilihan kosmetik dengan melihat kemasan sekunder.
Jika Anda ingin produk laris di pasaran sebaiknya mulai rancang kemasan sekunder yang menarik. Anda bisa juga mengandalkan pembuatan desainnya secara gratis di Hsemei Pack yang siap menerima pesanan 24 jam.
Menambahkan Informasi Penting
Sebagaimana apa itu kemasan sekunder kosmetik yang dijelaskan Badan POM, ada banyak informasi yang tercantum di dalamnya. Informasi ini bukan sekedar untuk memenuhi peraturan dari Badan POM tetapi juga berfungsi bagi konsumen.
Beberapa produk kosmetik perlu juga mencantumkan informasi layaknya pada kemasan primer. Mulai dari informasi penggunaan produk, nama produk hingga manfaatnya dan tanggal kadaluarsa.
Begitu juga informasi, seperti nomor lot, kode batang yang bermanfaat bagi distributor untuk memudahkan investasi mereka. Pastikan saja bahwa Anda merancang kemasan sekunder dengan informasi-informasi penting ini.
Menunjang Pemasaran
Layaknya kemasan primer, kemasan sekunder juga berguna untuk membedakan produk Anda dengan kompetitor. Hal ini akan menunjang kemudahan pemasaran sebagai bentuk branding.
Ada ciri khas tertentu yang juga akan diingat oleh konsumen dari kemasan sekunder kosmetik yang Anda miliki. Mainkan warna, tipografi, ilustrasi serta penerapan desain nama produk atau logo yang mudah diingat.
Mendukung Kemasan Eco-Friendly
Sudah cukup banyak produsen kosmetik yang membuat produknya lebih ramah lingkungan. Bukan hanya isi tetapi juga kemasannya, seperti kemasan sekunder.
Anda bisa memilih jenis kemasan yang ramah lingkungan. Selain menjaga kelestarian alam, penandaan kemasan eco-friendly juga bisa menjadi daya tarik utama bagi konsumen.
Jenis-Jenis Kemasan Sekunder Kosmetik
Memahami apa itu kemasan sekunder kosmetik dan kegunaannya, selanjutnya Anda juga perlu tahu seperti apa jenisnya. Jenisnya berdasarkan material, yaitu:
Kertas
Salah satu contoh kemasan sekunder yang ramah lingkungan dan murah adalah kertas. Anda bisa menggunakan kertas daur ulang untuk membungkus produk agar semakin menarik.
Display Box
Kemasan ini biasanya terbuat dari kartun dengan bagian depan berbahan mika agar bisa menampilkan kemasan primer. Bentuknya bisa menarik perhatian banyak konsumen.
Shrink Wrap
Jenis kemasan kosmetik sekunder yang terbuat dari bahan plastik dan mengencang ke kemasan primer setelah dipanaskan. Cocok untuk produk, seperti lipstik, eye liner, hingga serum.
Kotak Karton
Jika mempertimbangkan apa itu kemasan sekunder kosmetik yang tujuannya memudahkan distribusi, maka kotak karton adalah jawabannya. Kotak ini akan mengemas produk dalam jumlah banyak sekaligus.
Ingin Melindungi Produk Kosmetik? Pesan Kemasannya di Hsemei Pack
Setelah memahami apa itu kemasan sekunder kosmetik hingga kegunaannya, Anda tentu sadar betapa penting menggunakannya. Kemasan sekunder bukan sekedar untuk melindungi kemasan primer tetapi juga besar perannya untuk branding.
Oleh karena itu, pembuatannya juga harus melalui jasa yang profesional seperti Hsemei Pack. Kami sudah berkecimpung dalam pembuatan kemasan kosmetik sejak 2023 yang sudah menangani lebih dari 100 brand dengan 1000+ produk.
Anda yang masih bingung dengan apa itu kemasan sekunder kosmetik dan bagaimana desain yang bagus bisa langsung menghubungi tim Hsemei Pack. Kami akan memberikan pelayanan terbaik mulai dari konsultasi, pembuatan sampel hingga produksi massal.
Jangan sampai produk Anda tidak terlindungi yang membuat rugi. Cukup dengan klik tombol di bawah ini Anda bisa langsung terhubung dengan kami.

