7 Cara Memasarkan Produk Parfum untuk Meningkatkan Penjualan
Semakin banyak orang sadar bahwa parfum bukan hanya berfungsi mengharumkan tubuh, tetapi juga bagian dari gaya hidup. Kesadaran ini membuat Anda tidak sulit membangun bisnis parfum lokal, tapi masalahnya adalah bagaimana cara agar brand Anda dikenal?
Demi bisa membangun bisnis perfumery yang sukses, Anda harus memahami jenis, tahapan pembuatan hingga cara memasarkan produk parfum. Anda juga tidak boleh berhenti berinovasi, baik dari segi aroma hingga kemasan yang tidak membosankan.
Dalam artikel ini Anda bisa belajar bagaimana cara memulai bisnis perfumery dan cara memasarkan produk parfum dengan cerdas. Selama menerapkannya dengan tepat, impian brand parfum terkenal bukanlah impian belaka. Yuk, simak dulu sampai akhir!
Panduan Memulai Bisnis Parfum
Berhasil tidaknya bisnis perfumery bukan soal cara memasarkan produk parfum saja, melainkan bagaimana Anda memulainya. Banyak hal yang harus Anda perhatikan saat memulai bisnis sendiri, seperti modal yang besar sampai menciptakan kemasan yang tepat.
Memahami langkah-langkahnya akan membantu Anda untuk menyusun rencana bisnis yang terstruktur. Ikuti panduan singkatnya berikut:
Merinci dan Mempersiapkan Modal
Investasi awal yang harus Anda lakukan adalah merinci dan mempersiapkan modal untuk melakukan pembelian bahan baku, pembuatan kemasan, izin usaha, serta peralatan produksi. Rata-rata modal bisnis parfum bisa mulai dari 10 juta untuk memproduksi 100 unit produk.
Riset Pasar
Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui dan menetapkan target konsumen. Sebaiknya pilih kebutuhan pasar yang belum terpenuhi sehingga bisa menarik lebih banyak peluang keberhasilan. Jangan lupa pula riset kompetitor untuk mengetahui kekuatan dan kelemahannya.
Mengonsep Nilai dan Visi Merek
Saat berhasil menentukan target konsumen, Anda perlu membentuk identitas merek dengan membuat konsep nilai dan visinya. Tujuan dari nilai ini adalah untuk menciptakan image positif dan menarik, yang akan menjadi pondasi kuat bisnis Anda.
Riset Aroma dan Menentukan Formula
Anda perlu memiliki pengetahuan bagaimana cara memproduksi parfum dengan tujuan memudahkan riset aroma dan menciptakan formula baru. Formula parfum yang Anda buat haruslah memenuhi kebutuhan target konsumen dan berbeda dari parfum yang sudah ada.
Memilih Bahan Kemasan Berkualitas
Aspek penting untuk menjaga aroma parfum dan ketahanan wanginya, salah satunya adalah bahan kemasan. Anda bisa memilih bahan kemasan seperti kaca yang mampu melindungi dari formula wewangian parfum dari kontaminasi udara hingga sinar matahari.
Menciptakan Desain Kemasan yang Unik
Cara memasarkan produk parfum yang efektif juga tidak terlepas dari kemasan, karena semakin unik desainnya, maka akan banyak konsumen yang tertarik. Oleh karena itu, Anda harus bisa menciptakan desain yang unik serta memperlihatkan kesan nilai dan visi merek.
Mendaftarkan Merek
Cara membuat produk parfum sendiri yang benar adalah setiap sebelum memasarkan, Anda wajib mendaftarkan merek demi mendapat perlindungan hukum. Pendaftarannya bisa Anda lakukan langsung di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.
7 Cara Memasarkan Produk Parfum
Sudah siap dengan modal, target konsumen hingga memiliki formula parfum yang berbeda dari lainnya? Sekarang saatnya Anda menyusun strategi pemasaran produk parfum, mulai dari beriklan, menjalin kemitraan, hingga memperhatikan layanan konsumen.
Membuat Website yang Profesional
Cara memasarkan produk parfum pertama yang penting adalah membuat website bisnis parfum yang terlihat profesional. Kesan profesional akan memudahkan konsumen percaya pada produk dan juga bisnis Anda.
Website akan memudahkan konsumen untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang varian parfum yang Anda jual. Rancang desain website Anda sesuai dengan karakter dari konsumen untuk menanamkan kesan positif.
Membuat Akun dan Konten Menarik di Media Sosial
Media sosial menjadi cara pemasaran parfum yang paling ampuh, maka Anda perlu membuat akun resmi seperti di Instagram, Facebook hingga X. Upload konten-konten baik itu foto dan juga video menarik di akun media sosial bisnis parfum Anda secara rutin.
Memasang Iklan Online dan Offline
Cara membuat brand parfum sendiri menjadi terkenal tentu tidak akan sukses tanpa adanya iklan. Anda perlu menjalankan iklan offline seperti memasang spanduk, baliho, poster atau flyer.
Rencanakan juga iklan online di media sosial, email marketing, paid search di mesin pencari hingga video marketing. Susun iklan dengan kombinasi gambar, foto, ilustrasi dan juga teks yang atraktif.
Berkolaborasi dengan Influencer
Strategi efektif agar dalam beriklan di sosial media atau platform online lain adalah dengan berkolaborasi bersama influencer. Anda bisa mengajak atau meminta influencer untuk mereview sekaligus mempromosikan parfum.
Menjual Produk di E-Commerce
Cara memasarkan produk parfum yang optimal juga perlu mengandalkan peran dari e-commerce. Di platform ini Anda dapat meningkatkan kesadaran merek sekaligus menaikkan sales dengan berjualan langsung.
Membuat Desain Kemasan
Jangan salah! Cara memasarkan parfum yang tepat ternyata juga melibatkan desain kemasan, loh. Kemasan yang mempesona akan selalu tertanam di ingatan konsumen, jadi mereka bisa dengan mudah mengenali produk Anda dari kemasannya saja.
Menjalankan Program Loyalty
Terakhir, Anda perlu membuat program loyalty yang tujuannya untuk meningkatkan brand awareness. Melalui program ini, konsumen lama akan terus berkomitmen menggunakan produk Anda dan konsumen baru akan tertarik dengan diskon atau promo produk.
Cara Membuat Desain Kemasan yang Bagus untuk Branding
Salah satu cara memasarkan produk parfum yang efektif untuk memperkenalkan merek ke konsumen. Dengan desain kemasan yang bagus maka akan membantu strategi branding Anda.
Perlu tim desain ahli untuk membuat kemasan sesuai dengan nilai dan visi merek Anda. Dalam hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan Hsemei Pack International, perusahaan desain dan cetak kemasan yang sudah berdiri dari tahun 2023.
Pembuatan desain kemasan yang bagus di Hsemei Pack sangatlah mudah, sebagai berikut:
Mempertimbangkan Bentuk dan Fungsi Kemasan Parfum
Anda bisa mendiskusikan bentuk dan fungsi ini dengan tim Hsemei Pack. Apakah produk parfum akan berbentuk semprot yang praktis atau vial yang mini dan tampil elegan.
Memaksimalkan Gambar/ Ilustrasi, Warna dan Tipografi
Konsultasikan pula tambahan desain gambar/ ilustrasi, warna dan juga tipografi yang terdapat pada label parfum. Tim Hsemei Pack akan memastikan label memiliki gambar yang menarik, warna sesuai mood dan aroma parfum, serta tipografi yang mudah dibaca.
Menggunakan Bahan Kemasan Ramah Lingkungan
Jika perlu, demi meningkatkan citra peduli lingkungan, Anda bisa menggunakan bahan kemasan yang lebih ramah lingkungan. Tim Hsemei Pack akan menawarkan beberapa pilihan bahannya seperti kaca atau plastik PET.
Menguji Coba Contoh Kemasan dan Produksi
Langkah terakhir adalah uji coba sampel sesuai desain yang telah Anda sepakati dengan tim Hsemei Pack. Saat Anda setuju, proses produksi akan berlangsung dengan jumlah sesuai yang telah Anda diskusikan dengan tim marketing Hsemei Pack.
Begitu banyak cara memasarkan produk parfum yang harus Anda perhatikan dari nol sampai branding yang sukses melalui kemasan. Bekerja sama dengan Hsemei Pack bisa menjadi langkah Anda menciptakan kemasan parfum yang memikat konsumen.
Bangun bisnis perfumery impian Anda dengan kemasan yang memikat konsumen bersama kami di Hsemei Pack. Yuk, langsung saja klik tombol di bawah ini untuk konsultasikan desain kemasan yang Anda butuhkan!