Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik dan Menjual
Tahukah Anda bahwa 70% konsumen mengambil keputusan pembelian dalam hitungan detik pertama ketika melihat produk? Ini artinya, kesan pertama yang diciptakan oleh kemasan sangatlah krusial.
Dalam dunia bisnis yang serba cepat, konsumen memiliki rentang perhatian yang sangat singkat. Dengan memberi perhatian cara membuat kemasan produk yang menarik dan tepat dapat menjadi pembeda yang signifikan, meningkatkan nilai persepsi produk Anda, hingga meningkatkan penjualan.
Artikel ini akan membahas cara membuat kemasan produk yang menarik, mulai dari pemilihan bahan hingga pemilihan warna yang tepat, sehingga dapat Anda terapkan ketika membuat kemasan yang lebih menarik.
Manfaat Membuat Kemasan Produk yang Menarik
Kemasan produk tidak hanya sekedar pembungkus saja, namun juga sebagai “wajah” dari sebuah brand. Dengan meningkatkan tampilan kemasan yang menarik dan mencuri perhatian calon pembeli, Anda dapat memaksimalkan potensi lebih pada brand produk Anda.
Identitas Produk
Di tengah persaingan bisnis yang kompetitif, kemasan yang unik dari yang lain akan membantu produk Anda menonjol dari kompetitor. Dengan memberikan warna khusus, logo brand, dan cara membuat kemasan produk yang menarik dapat menjadi sebuah identitas produk yang dapat melekat di pikiran pembeli.
Meningkatkan Citra Brand
Konsumen seringkali memiliki persepsi bahwa kemasan produk sangat berpengaruh pada kualitas produk. Jika kemasan produk memiliki kualitas tinggi dan estetis, akan memberikan kesan yang serupa pada produk.
Ini dapat membantu membangun persepsi positif terhadap brand Anda. konsumen akan lebih cenderung mengingat dan memilih produk yang memiliki citra brand yang baik.
Memperkuat Brand Identity
Kemasan adalah salah satu elemen penting dalam membangun identitas visual brand. Desain kemasan produk yang konsisten, sesuai dengan brand guideline, akan membantu membangun pengenalan brand yang lebih kuat di benak konsumen.
Terutama jika brand Anda terbilang masih baru launching, selalu memberikan elemen desain yang sesuai dengan brand identity produk Anda dapat mengenalkan brand Anda secara berlangsung.
Semakin sering konsumen melihat kemasan produk Anda, maka semakin kuat pula pengakuan audiens terhadap brand Anda. Ini sebagai upaya untuk memperkuat brand identity Anda, sehingga branding produk lebih mudah dikenal dan meningkatkan branding produk.
Mendorong Minat Beli
Tahukah Anda, cara membuat kemasan produk yang menarik dengan memberikan sentuhan desain kemasan yang menarik dapat membangkitkan suatu emosi, lho! Bentuk emosi seperti rasa ingin tahu, kesenangan, atau keinginan untuk memiliki.
Oleh karena itu, kemasan yang menarik dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara impulsif, terutama jika calon pembeli sedang mengunjungi sebuah toko dan melihat produk Anda di etalase toko. Secara online juga ketika memberikan desain kemasan yang menarik di toko online dapat membangkitkan emosi tersebut.
Syarat Kemasan Produk yang Menarik
Sebelum Anda membuat kemasan produk yang menarik, perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut agar Anda dapat membuat kemasan produk yang tidak hanya menarik, namun juga dapat memperkuat brand identity produk Anda.
Buat Desain Minimalis
Anda perlu menentukan gaya desain yang sesuai dengan brand Anda. kemudian buat desain kemasan sederhana, namun tetap memberikan kesan tersendiri bagi calon konsumen.
Selain desain kemasannya, Anda juga perlu mempertimbangkan model kemasan. Saat ini semakin bervariatif jenis kemasan pada setiap sektor produk, seperti makanan dan minuman, kosmetik, hingga elektronik.
Pilih model kemasan yang dapat memudahkan pembeli untuk membawa produk dengan mudah. Selain itu, gunakan model penutup yang unik, seperti slide box, kemasan rigid, atau lainnya.
Tentukan Palet Warna
Salah satu kunci cara membuat kemasan produk yang menarik adalah memberikan warna yang tepat. Anda perlu menentukan satu warna, kemudian mencari palet warna yang sesuai dengan satu warna yang telah Anda tentukan. Anda bisa mencari di website Paletton atau Color Hunt.
Anda bisa menentukan warna berdasarkan jenis produk dan kompetitor Anda. Misalnya, jika Anda membuat kemasan kotak makanan dan kompetitor Anda menggunakan warna merah dan kuning, Anda bisa memilih warna hangat lainnya seperti merah dan biru.
Pertimbangkan secara matang warna yang akan Anda pilih. Ini juga akan menentukan warna pada desain media sosial dan desain promosi brand Anda lainnya.
Gunakan Gambar Pendukung
Pada desain kemasan, Anda dapat menambahkan elemen gambar untuk merepresentasikan produk Anda. Misalnya, Anda memiliki produk parfum berwangi bunga lily, Anda dapat menambahkan elemen gambar bunga lily untuk memberikan visual kesegaran bunga lily.
Dengan memberikan gambar pendukung, Anda dapat memberikan informasi yang tepat untuk produk Anda sekaligus dapat memberikan daya tarik visual lebih menarik. Ini dapat menjadi poin plus pada kemasan produk Anda.
Berikan Data Legalitas
Salah satu kualitas produk terdapat adanya legalitas yang sah. Biasanya legalitas produk dinaungi oleh Dinas Kesehatan setempat, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan sertifikasi halal. Di Indonesia perlu memberikan dua legalitas tersebut agar pembeli merasa aman menggunakan produk Anda.
Terlebih Indonesia merupakan negara dengan mayoritas beragama muslim. Dengan menekankan sertifikasi halal pada produk dapat memberikan rasa kepercayaan pada produk, sehingga dapat membeli kembali produk Anda.
Cantumkan Informasi Penting
Untuk membuat kemasan yang menarik, Anda tidak boleh melewatkan untuk mencantumkan informasi penting pada produk. Informasi penting berupa komposisi, cara penyajian dan penyimpanan, tanggal produksi dan kadaluarsa, dan lainnya.
Anda perlu mengatur ukuran font yang tepat pada informasi tersebut agar tetap bisa dibaca dan muat di kemasan. Perlu ketelitian dan observasi apakah tulisan informasi dapat dibaca atau perlu ditata ulang kembali.
Gunakan Font yang Tepat
Jenis font (typeface) pada desain memiliki banyak variasi, seperti Serif, Sans Serif, Display, Monospace, dan lainnya. Setiap jenis font tersebut memiliki kesan tersendiri, sehingga dapat memberikan pengaruh pada desain.
Anda perlu menentukan font yang tepat untuk desain kemasan Anda. Apakah ingin terlihat simpel, elegan, atau moderen. Kesan tersebut dapat Anda pilih berdasarkan jenis font yang Anda tentukan. Untuk itu, pertimbangkan dengan seksama agar cara membuat kemasan produk yang menarik dan inovatif.
Pilihlah Bahan Kemasan yang Terjangkau
Setelah membuat desain kemasan, tentukan bahan kemasan yang terjangkau. Saat ini banyak bahan kemasan dengan harga terjangkau, namun dapat memiliki kualitas tinggi. Tentunya ini dapat menekankan biaya produksi dan mengurangi kerugian hingga 30%.
Jika Anda menekankan konsep ramah lingkungan, umumnya bahan kemasan sedikit lebih mahal dibanding bahan yang lain. Namun, ini dapat bergantung pada konsep branding yang ingin Anda tunjukkan kepada calon pembeli, apakah produk ramah lingkungan atau menggunakan bahan alternatif ramah lingkungan seperti plastik PET atau PP.
Baca juga “5 Syarat Pengemasan Kosmetik untuk Menjaga Kualitas dan Branding“
Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik
Dalam membuat kemasan produk kosmetik yang dapat mencuri perhatian pembeli, Anda perlu memahami syarat kemasan yang menarik pada pembahasan sebelumnya.
Di Hsemei Pack selalu memperhatikan di setiap detail kemasan. Dengan memberikan kualitas pada kemasan, baik dari segi desain, bahan, dan produksinya, Hsemei Pack memberikan hasil kemasan yang inovatif dan eye catching, sehingga siap bersaing dengan kompetitor Anda. Berikut cara membuat kemasan produk yang menarik di Hsemei Pack.
Konsultasi Branding Kemasan
Tim Hsemei Pack akan berkonsultasi dengan Anda, mulai dari pengenalan produk kosmetik, pembuatan desain kemasan, pemilihan bahan kemasan, hingga finishing yang akan dipilih. Jika Anda sudah memiliki desain kemasan sendiri juga kami bersedia mencetaknya dalam bentuk kemasan yang berkualitas.
Anda perlu memanfaatkan sesi konsultasi bersama tim Hsemei Pack untuk mendapatkan hasil kemasan kosmetik yang menarik dan dapat meningkatkan branding. Ini kesempatan Anda untuk memberikan branding pada kosmetik Anda.
Proses Pembuatan Sampel
Setelah itu, tim Hsemei Pack membuatkan Anda sampel kemasan sebelum memproduksi dengan jumlah banyak. Meskipun hanya sampel, namun sampel yang kami buat benar-benar berkualitas dengan hasil desain yang presisi. Ini akan memberikan pandangan untuk Anda bahwa kemasan akan yang akan diterima hasilnya juga serupa dengan sampel.
Oleh karena itu, cek secara teliti pada sampel yang kami buat. Jika sekiranya ada kekurangan dapat langsung kami buatkan kembali hingga Anda menyetujuinya.
Produksi Sesuai MOQ
Setelah sampel Anda setujui, kemudian tim Hsemei Pack akan memproduksi sesuai MOQ produksi. Proses pengerjaan dari awal hingga akhir selama 7-14 hari. Ini juga termasuk quality control di setiap kemasan, agar hasil kemasan terjamin berkualitas dan dapat meningkatkan penjualan.
Hsemei Pack menggunakan teknologi printing canggih, dengan pengalamannya sejak 2023, telah mengerjakan kemasan kosmetik lebih dari 100 brand kosmetik,lho!
Pengiriman Produk
Tahap akhir yaitu pengemasan dan pengiriman. Kami memberikan jaminan bahwa selama proses pengiriman, kemasan kosmetik Anda tetap aman sampai ke tangan Anda.
Itu dia cara membuat kemasan produk yang menarik ala Hsemei Pack. membuat desain kemasan yang menarik dan meningkatkan branding membutuhkan kreativitas dan keahlian khusus.
Jangan salah pilih ahli kemasan. Jika Anda mencari vendor cetak kemasan kosmetik, memang banyak di pasaran. Namun, jika Anda mencari vendor cetak kemasan kosmetik yang menarik dan meningkatkan branding, Hsemei Pack solusinya!
Bersama tim ahli di bidang desain packaging, produksi, quality control, hingga manajerial produksi, semuanya berpengalaman di bidangnya masing-masing. Maka, jangan heran jika kemasan kosmetik dari Hsemei Pack teruji kualitasnya dan eye catching. Hubungi kami sekarang!