Kemasan

Jenis Jenis Packaging dan Kegunaannya untuk Branding Bisnis Anda

jenis jenis packaging

Hal pertama yang dilihat oleh konsumen adalah kemasan. Kemasan menjadi media komunikasi yang ingin disampaikan kepada konsumen. Seiring perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif, kemasan tidak hanya sebagai melindungi produk dan alat komunikasi, namun juga sebagai medium branding yang dapat meningkatkan daya tarik dan kepercayaan konsumen.

Sebagai pebisnis, Anda harus menggunakan packaging (kemasan) yang sesuai dengan tujuan branding produk Anda di antara berbagai jenis jenis packaging yang beredar di pasaran. Hal ini dapat membangun loyalitas pelanggan sejak kali pertama melihat kemasan produk Anda.

Dalam artikel ini akan membahas tuntas jenis jenis packaging yang dapat Anda gunakan dengan penjelasan karakteristik dan kegunaannya. Selain itu, juga akan membahas cara membuat kemasan sesuai dengan kebutuhan produk Anda. Temukan bagaimana kemasan dapat menjadi alat branding yang tak ternilai untuk membawa bisnis Anda ke level berikutnya!

Jenis Jenis Kemasan

Kemasan produk dikategorikan berdasarkan beberapa faktor, seperti bahan, fungsi, dan ukuran. Inilah yang menjadikan kemasan semakin banyak jenisnya, sehingga siap Anda gunakan untuk kebutuhan branding bisnis Anda. 

Berdasarkan Pemakaian

  • Kemasan sekali pakai (disposable)

kemasan sekali pakai biasanya untuk produk makanan dan minuman, seperti snack, roti, permen, es sachet, dan berbagai jenis bungkus lainnya. Kemasan ini dibuat untuk memberikan kemudahan konsumen dalam menggunakan produk dan memudahkan pembuangan setelah digunakan. 

  • Kemasan multi trip

Berbeda dengan kemasan sekali pakai, kemasan multi trip kerap digunakan untuk penggunaan secara berulang, lebih dari dua kali. Seperti produk minuman botol sirup, botol kecap, atau kemasan kosmetik, seperti lotion dan krim wajah. Kemasan multi trip dibuat untuk melindungi isinya dengan memanfaatkan pemakaian kemasan berulang.

  • Kemasan tidak dibuang (semi disposable)

Kemasan tidak dibuang ini maksudnya adalah kemasan yang masih bisa digunakan untuk penyimpanan produk lain setelah menggunakan produk awal. Misalnya, kaleng biskuit dapat digunakan untuk wadah toples makanan ringan, atau wadah penyimpanan barang. Jenis kemasan ini memberikan fleksibilitas pengguna lebih luas untuk pemanfaatannya.

Berdasarkan Struktur Kemasan

  • Kemasan primer

Jika berdasarkan struktur, Kemasan primer merupakan kemasan yang langsung menyentuh isi produk dibanding dengan jenis jenis packaging lainnya. Misalnya, botol kaca essence. Kemasan ini berfungsi melindungi produk dari kontaminasi zat-zat berbahaya di luar dan kerusakan produk.

  • Kemasan sekunder

Kemasan sekunder berfungsi memberikan perlindungan pada kemasan primer. Ini melindungi bagian luar isi produk. Contohnya, kemasan kotak pada produk serum. Kemasan ini dapat melindungi produk selama proses distribusi dan penyimpanan hingga sampai di tangan konsumen.

  • Kemasan tersier

Kemasan tersier berfungsi memproteksi kemasan primer sekaligus kemasan sekunder, yang digunakan sebagai identitas merek selama distribusi dan pengiriman. Contohnya, kotak kardus dengan logo produk serum yang berisi berbagai jenis serum dalam satu kardus. 

Berdasarkan Kesiapan Pakai

  • Kemasan siap pakai

Kemasan siap pakai memudahkan pebisnis mengemas produk tanpa perlu merakit dahulu. Misalnya, wadah botol dan kaleng pada makanan, kosmetik, dan otomotif. Sehingga waktu produksi lebih efisien. 

  • Kemasan siap dirakit

Kemasan siap rakit memerlukan perakitan sebelum produk dikemas. Jenis kemasan ini biasanya terbuat dari bahan fleksibel, seperti kertas, foil, atau plastik. Misalnya, wadah kotak makanan, obat, dan kosmetik. Ini juga biasanya terdapat di kemasan sekunder.

Berdasarkan Sifat Fleksibilitas

  • Kemasan fleksibel

Kemasan fleksibel bersifat lentur dan tidak kaku. Ini dapat digunakan untuk desain simpel dan kompleks. Jenis kemasan ini terbuat dari bahan plastik dan kertas.

  • Kemasan kaku

Seperti namanya, kemasan kaku memiliki sifat kokoh dan kuat. Jenis kemasan ini menggunakan bahan yang kuat. Misalnya, kaca, gelas, dan kayu.

  • Kemasan hybrid

Kemasan hybrid merupakan jenis jenis packaging gabungan dari sifat kemasan fleksibel dan kemasan kaku, yang mana memiliki sifat yang lentur, namun tetap kokoh. Misalnya, botol plastik, mangkok karet, dan lainnya.

Berdasarkan Bahan

  • Kemasan kertas dan karton

Kemasan kertas dan karton pemanfaatannya untuk kemasan produk food and beverage, skincare, dan outfit pakaian. Kemasan kertas dan karton dapat meningkatkan branding dengan memberikan desain kemasan yang menarik dan berkesan premium.

  • Kemasan plastik

Sama halnya dengan kemasan kertas dan karton, kemasan plastik juga dapat digunakan untuk kemasan makanan, kosmetik, pakaian. Kemasan plastik mudah dibentuk dalam bentuk pouch, kantong, botol, dan lainnya.

  • Kemasan kaca

Kemasan kaca dapat digunakan untuk produk yang memiliki bahan zat aktif. Misalnya, skincare serum, pelembab, makanan organik, atau minuman. Kemasan kaca memberikan kesan mewah dan eksklusif, meskipun memerlukan penanganan lebih hati-hati.

  • Kemasan metal

Kemasan metal memberikan ketahanan produk terhadap suhu panas dan kedap udara. Kemasan metal biasanya digunakan untuk makanan kaleng, minuman berkarbonasi, skincare berkonsentrat tinggi, dan produk kimia.


banner 1 1
banner 1 2

Cara Membuat Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Dari penjelasan jenis jenis packaging, berbagai jenis dapat Anda gabungkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan branding produk Anda. Dengan kualitas kemasan yang menarik dan inovatif dapat memberikan identitas merek Anda lebih melekat pada konsumen.

Oleh karena itu, pilih Hsemei Pack sebagai vendor kemasan Anda! Di Hsemei Pack dapat memberikan brand guideline yang cocok untuk merek Anda. Ini sangat penting, lebih dari sekedar kemasan yang kuat. 

Selain itu, dengan pengalaman di bidang percetakan kemasan sejak tahun 2022, Hsemei Pack melayani jasa cetak kemasan lebih dari 100 merek kosmetik sampai sekarang, lho! Ini membuktikan bahwa kualitas dan desain kemasan Hsemei Pack benar terbukti manfaatnya. 

Untuk mengetahuinya, berikut cara membuat jasa kemasan sesuai kebutuhan Anda.

Pahami Target Pasar

Sebelum menentukan jenis kemasan, kenali siapa target konsumen Anda. Apakah mereka mengutamakan estetika, kemudahan, atau keberlanjutan? Hal ini akan memengaruhi pemilihan material dan desain kemasan.

Tentukan Kebutuhan Produk

Setiap produk memiliki karakteristik unik yang membutuhkan perlakuan berbeda. Produk cair membutuhkan kemasan anti bocor, sementara makanan segar memerlukan kemasan yang mampu menjaga kesegaran.

Pilih Bahan Berkualitas

Kualitas kemasan mencerminkan kualitas produk Anda. Pilih bahan dan jenis jenis packaging yang tidak hanya melindungi produk tetapi juga meningkatkan nilai jual.

Merancang Desain Kemasan

Desain kemasan adalah alat komunikasi visual dengan pelanggan. Kami menyesuaikan desainnya merepresentasikan merek bisnis Anda, menggunakan warna, font, dan elemen grafis yang sesuai dengan identitas bisnis Anda.

Menggunakan Jasa Cetak Kemasan Profesional

Bekerjasama dengan vendor kemasan berpengalaman akan mempermudah Anda mendapatkan solusi terbaik. Di Hsemei Pack dapat memberikan rekomendasi berbagai macam bahan, ukuran, dan desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tingkatkan Kesan Pertama yang Menakjubkan pada Kemasan Produk Anda dengan Hsemei Pack!

Kemasan adalah investasi penting untuk keberhasilan branding bisnis Anda. Jika Anda mencari solusi jenis jenis packaging terbaik, Hsemei Pack siap membantu! Dengan pengalaman dalam menyediakan berbagai pilihan kemasan berkualitas tinggi, kami berkomitmen membantu bisnis Anda memukau di pasaran.

Mulai dari jenis jenis packaging, seperti kemasan plastik hingga kemasan yang ramah lingkungan, kami dapat menawarkan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami sekarang!


banner 2 1
banner 2 2