7 Tahapan Desain Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan
Di dunia bisnis, Anda sebagai pelaku bisnis kosmetik, perlu memberikan perhatian lebih terhadap kemasan produk. Meskipun terlihat sepele, kemasan produk menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Bandingkan antara kemasan yang polos dengan kemasan yang memiliki desain logo produk. Terlihat menarik yang mana? Tentunya yang memiliki desain kemasan. Agar kemasan terlihat menarik, ada beberapa tahapan desain kemasan produk yang perlu Anda perhatikan agar kemasan terlihat semakin menarik dan dapat meningkatkan penjualan.
Penasaran apa saja tahapan desain kemasan produk yang menarik? Simak artikel berikut hingga tuntas!
Fungsi Desain Kemasan Produk
Fungsi desain kemasan produk kosmetik pada umumnya sebagai pelindung kosmetik agar tetap melindungi produk tetap aman dan berkualitas. Namun, tidak hanya itu saja. Beberapa fungsi desain kemasan produk ini akan dapat meyakinkan Anda bahwa kemasan lebih dari sekedar itu.
Menarik Perhatian
Desain kemasan yang trendi dapat menarik perhatian calon pembeli. Lantaran, hal pertama yang dilihat pembeli adalah kemasan (tampilan luar produk kosmetik). Anda perlu menyiasatinya dengan menggunakan desain yang eye catching.
Dari segi warna, elemen, dan gambar pada kemasan memainkan peranan penting dalam menciptakan kesan pertama yang positif. Oleh karena itu, Anda perlu mengupayakan tahapan desain kemasan produk pada setiap detail desain kemasan agar terlihat trendi, terutama merek kosmetik saat ini semakin variatif. Jika memungkinkan, segeralah berkonsultasi kepada ahli desain packaging (kemasan) yang berkompeten dalam memvisualkan merek.
Informasi Produk
Sebuah merek produk, terutama kosmetik, perlu mencantumkan informasi penting, seperti logo merek, jenis produk, komposisi, berat produk, cara penggunaan, informasi tanggal kadaluarsa, dan lainnya.
Dengan mencantumkan informasi produk, Anda sebagai pemilik bisnis, dapat membantu konsumen untuk membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Ini juga dapat mencegah informasi overclaim yang tujuannya hanya untuk menarik perhatian pembeli.
Selain itu, ini juga termasuk dalam regulasi pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dimana semua merek obat, makanan, hingga kosmetik perlu mencantumkan informasi penting pada sebuah merek produk. Dengan mencantumkan komposisi yang tepat dapat memberikan lulus uji sertifikasi BPOM. Sehingga produk Anda terjamin kualitasnya.
Membangun Identitas Merek
Desain kemasan yang konsisten dengan identitas mereknya dapat meningkatkan kesadaran merek di masyarakat. Misalnya, jika merek kosmetik Anda berciri khas warna pink dan biru, maka Anda dapat memberikan nuansa warna tersebut. Kemudian ditonjolkan dengan logo kosmetik yang dapat mudah dikenal masyarakat.
Hal ini dapat memudahkan konsumen mengenali produk Anda di antara banyak pilihan yang tersedia. Selain itu, identitas merek yang dapat melekat di benak masyarakat dapat memberikan kesan tersendiri dibanding merek yang lain.
Jika Anda dapat mengoptimalkan identitas merek yang tepat, tentu akan terbentuk kesadaran dan pengakuan merek kosmetik pada masyarakat. Sehingga kosmetik Anda dapat dikenal lebih luas.
Sebagai Diferensiasi
Selain mencari kosmetik yang cocok di kulit, calon pembeli cenderung mencari kosmetik yang unik dan sesuai dengan karakteristiknya.
Agar dapat menjadi pembeda dengan merek kosmetik lainnya, perlu untuk riset kompetitor dahulu sebelum tahapan desain kemasan produk, agar merek Anda dapat menentukan identitas merek yang tepat dan berbeda dengan merek lainnya. Kemudian riset target pasar Anda juga untuk mengetahui karakteristik identitas merek Anda dengan tepat.
Jenis-Jenis Desain Kemasan Produk
Kemasan tidak hanya pada jenis kantong plastik atau kantong belanja, namun terdapat jenis-jenis desain kemasan produk yang dapat Anda buat agar dapat meningkatkan branding merek lebih baik.
Kemasan Primer
Kemasan primer adalah kemasan yang bersinggungan langsung pada produk. Kemasan primer juga disebut sebagai kemasan konsumen. Kemasan primer perlu Anda perhatikan dalam tahapan desain kemasan produk agar dapat menarik perhatian calon pembeli dan dapat mengoptimalkan fungsi desain kemasan produk.
Misalnya, kemasan primer pada produk foundation, maka biasanya kemasan primer berupa botol kaca yang melindungi foundation secara langsung. Kemasan primer biasanya tercantum logo produk dan informasi singkat produk.
Kemasan Sekunder
Kemasan sekunder adalah kemasan kedua yang melindungi kemasan primer. Misalnya, produk foundation dengan kemasan botol kaca tersebut dimasukkan ke dalam sebuah kotak kemasan (rigid box). Maka kotak kemasan tersebut disebut sebagai kemasan sekunder.
Kemasan sekunder juga berupa sebuah kardus yang mana dapat menampung foundation dalam jumlah banyak, dengan hitungan 1 pack. Kemasan sekunder disebut sebagai Stock Keeping Unit (SKU) atau unit penyimpanan stok untuk membantu pengiriman ke alat transportasi.
Kemasan Tersier
Kemasan tersier adalah kemasan yang melindungi kemasan sekunder. Kemasan tersier juga disebut sebagai kemasan transit. Dari beberapa kardus pada kemasan sekunder diletakkan ke kotak yang lebih kokoh agar dapat menghemat ruang penyimpanan selama pengiriman dan lebih melindungi produk .
Kemasan tersier tidak perlu dicantumkan pada tahapan desain kemasan produk karena hanya sebagai kebutuhan pengiriman dan tidak diketahui calon pembeli. Anda fokus pada kemasan primer dan kemasan sekunder saja.
7 Tahapan Desain Kemasan Produk
Agar kemasan kosmetik Anda efektif dalam meningkatkan penjualan dan branding, Anda perlu membutuhkan jasa cetak kemasan yang dapat memberikan value lebih pada kemasan kosmetik Anda.
Di Hsemei Pack dapat memberikan value pada segi estetika desain dan meningkatkan branding, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dengan pengalaman membuat kemasan kosmetik sejak 2023, Hsemei Pack telah dipercaya lebih dari 100 brand kosmetik, lho!
Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat desain kemasan produk ala Hsemei Pack? Berikut penjelasannya!
Riset Target Pasar dan Kompetitor
Sebelum tahapan desain kemasan produk, kami akan memandu Anda untuk riset target pasar dan kompetitor Anda. Pahami siapa target audiens Anda, apa yang mereka cari dalam produk, dan bagaimana pesaing Anda mendesain kemasan mereka. Riset ini akan memberikan wawasan berharga tentang preferensi konsumen dan tren desain terkini.
Menentukan Konsep Desain
Setelah melakukan riset, langkah berikutnya adalah menentukan konsep desain. Apa pesan yang ingin Anda sampaikan melalui kemasan? Apakah Anda ingin menekankan kualitas, kepraktisan, atau keberlanjutan? Konsep yang jelas akan memandu proses desain selanjutnya. Pastikan Anda dapat menyampaikan kepada tim kami ketika berkonsultasi.
Memilih Material dan Bentuk
Pemilihan material dan bentuk kemasan sangat penting. Pastikan bahan yang dipilih sesuai dengan jenis produk dan mampu melindungi produk dengan baik. Bentuk kemasan juga harus menarik dan praktis untuk digunakan, baik oleh konsumen maupun distributor.
Mendesain Visual
Desain visual mencakup elemen seperti warna, font, dan ilustrasi. Kami akan memilih warna yang sesuai dengan merek dan dapat menarik perhatian. Font yang digunakan juga kami perhatikan agar mudah dibaca. Kami memastikan bahwa elemen visual menciptakan kesan yang diinginkan dan sesuai dengan konsep desain yang telah ditentukan.
Feedback
Setelah desain selesai, kami akan berikan mockup desain kepada Anda. Disini, kami meminta feedback mengenai kemasan yang telah dibuat. Feedback sangat penting untuk memahami bagaimana kemasan diterima oleh target audiens dan apakah ada perubahan yang perlu dilakukan.
Produksi
Kami memastikan proses produksi berjalan lancar dan hasil akhir sesuai dengan desain yang diinginkan. Hal ini didukung oleh teknologi cetak kemasan yang terbaru, sehingga menghasilkan kemasan yang berkualitas dan proses produksi dapat efisien.
Pengiriman
Yang terakhir pada tahapan desain kemasan produk adalah pengemasan dan pengiriman. Kami akan mengemas pesanan Anda dan mengirimnya menggunakan kemasan tersier yang kokoh agar dapat menjaga produk tetap aman hingga sampai di Anda. Kami menjamin pengiriman dapat diantar sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelumnya.
Saatnya untuk melakukan perubahan pada bisnis kosmetik Anda. Dengan memberikan peluang untuk meningkatkan penjualan hingga 70%, ubah kemasan kosmetik Anda dengan memperhatikan setiap detail desainnya.
Bersama Hsemei Pack, Anda dapat mengubah yang awalnya hanya ide dalam benak Anda menjadi kenyataan dalam proses produksi yang tepat dan mendesain kemasan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang untuk memulai perubahan!