Hsemei Pack News

Kemasan Share in Jar: Inovasi Bisnis Skincare dan Make Up

kemasan share in jar

Inovasi dalam bisnis kosmetik atau skincare memang tak pernah ada matinya! Bukan hanya varian produk, tapi juga kemasan. Mulai dari kemasan jars, compacts, airless pump dan yang akhir-akhir ini sedang tren, yaitu kemasan share in jar. 

Kemasan jenis ini banyak disukai oleh konsumen, karena ukurannya yang kecil membuatnya lebih mudah untuk dibawa ke mana saja. Harga produk pun jadi lebih ramah di kantong. 

Mengikuti perkembangan tren, sudahkah Anda mempertimbangkan menggunakan kemasan ini? Sebelum memulainya, kenali dulu apa itu kemasan share in jar, bagaimana tantangan menggunakannya dan penerapannya yang tepat. 

Mengenal Kemasan Share in Jar

Share in jar artinya membagikan isi dari sebuah produk berukuran besar ke tempat atau kemasan yang lebih kecil. Konsep utama dari kemasan ini adalah ‘sharing’ yang bisa Anda terapkan dalam bisnis skincare maupun make up. 

Misalnya, Anda membagi produk setting spray dari botol ukuran 150 ml menjadi kemasan share in jar ukuran 35 ml. Ukuran kemasan yang lebih kecil inilah yang menjadi daya tarik terbesar dari share in jar. 

Biasanya produk yang mengandalkan kemasan ini adalah skincare atau kosmetik yang memang tidak tersedia dalam kemasan kecil. Pasalnya, beberapa produsen ada yang sengaja tidak menyediakannya. 

Ada juga yang memproduksi kemasan kecil, tapi rata-rata harganya lebih mahal, sehingga membuat konsumen berpikir dua kali untuk membelinya. Jadi, nggak heran kalau lebih banyak konsumen yang memilih kemasan share in jar. 

Mengingat kegunaannya ini, tidak heran kalau banyak yang memanfaatkan share in jar dalam bisnisnya. Anda yang tidak ingin ketinggalan, tentunya perlu juga untuk mengikutinya. 


banner 1 1
banner 1 2

Tantangan Bisnis Skincare dan Make Up Kemasan Share in Jar

Manfaat yang dihadirkan share in jar memang beragam, sayangnya, masih ada kekurangan yang menjadi tantangan. Berikut ini beberapa tantangan yang perlu Anda perhatikan:

Jaminan Keaslian Produk

Pengemasan ulang produk tidak dilakukan oleh produsen selalu pihak yang memproduksi langsung, melainkan pihak ketiga. Inilah yang menjadi kelemahan kemasan share in jar dan disadari oleh banyak konsumen. 

Alhasil, banyak konsumen yang ragu tentang keaslian produk. Belum lagi maraknya produk skincare dan kosmetik palsu yang beredar di pasaran, menambah ketakutan masyarakat untuk tidak membeli produk share in jar. 

Higienitas Kemasan yang Masih Dipertanyakan 

Setiap produsen kosmetik maupun pabrik skincare selalu memiliki standar khusus pengemasan yang memperhatikan higienitas. Standar inilah yang bisa membangun kepercayaan di mata konsumen. 

Ketidakjelasan pengemasan ulang di wadah yang lebih kecil, menurunkan kepercayaan konsumen soal higienitas. Produk bisa saja sudah terkontaminasi dengan udara, kotoran atau bakteri pada proses pemindahan. 

Informasi Produk yang Kurang Jelas 

Selanjutnya, tantangan share in jar adalah soal kelengkapan informasi produk pada kemasannya. Rata-rata kemasan tidak dilengkapi dengan informasi, seperti tanggal kadaluarsa, komposisi, cara penggunaan hingga penyimpanan. 

Padahal, informasi ini sangat penting untuk mengedukasi konsumen dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Informasi seperti ini hanya ada pada kemasan aslinya. 

Berkurangnya Daya Tahan Produk 

Bukan hanya kebersihan saja yang mempengaruhi produk saat Anda memindahkannya, tetapi juga daya tahan. Beberapa jenis skincare, seperti foundation, cleansing oil, toner mungkin saja dikemas dengan teknologi tertentu yang bisa menjaga kualitasnya. 

Ketika Anda memindahkan ke dalam kemasan share in jar yang baru, isi produk bisa saja mengalami penurunan kualitas. Masa kadaluarsanya juga akan lebih cepat berakhir dibandingkan dalam kemasan aslinya. 

Kemasan yang Terlalu Sederhana 

Rata-rata model botol atau pot share in jar memiliki desain yang sederhana. Misalnya, kemasan pot dengan material plastik warna putih saja. 

Tidak ada desain yang unik atau terlihat mewah yang membuat konsumen tertarik untuk membeli. Daya tarik utamanya hanya terdapat pada ukurannya yang kecil dan juga jenis atau merek produknya. 

Volume Isi Produk yang Tidak Sesuai 

Tantangan terakhir adalah isi atau volume produk seringkali tidak sesuai gramasinya. Bisa jadi, isi produk kurang 1-3 ml karena Anda tidak memiliki teknologi untuk mengukur volume yang sama seperti pabrikannya. 

Ketika volume terlalu sedikit atau tidak stabil, menjadi penyebab konsumen untuk tidak membeli lagi produk Anda. Kekurangan ini masih banyak terjadi pada bisnis share in jar sampai sekarang. 

Panduan Membangun Bisnis Share in Jar yang Aman

Jangan jadikan tantangan bisnis share in jar ini sebagai halangan, tapi justru peluang. Anda tetap bisa membangun bisnis skincare dan kosmetik secara aman dan terpercaya dengan cara:

Memilih Produk yang Aman dan Berkualitas

Sebelum memilih kemasan share in jar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis produk skincare atau kosmetik yang aman. Anda akan mendapatkan kepercayaan konsumen dari produk yang kredibel. 

Cara memilihnya, bisa mencari produk yang sudah terdaftar di BPOM hingga memiliki tanggal kadaluarsa cukup lama. Perlu juga untuk menguji coba produk secara langsung agar tahu seperti apa kualitasnya. 

Menjaga Proses Pengemasan Ulang dengan Baik 

Arti share in jar sebenarnya adalah pengemasan ulang, maka Anda harus memperhatikan prosesnya dengan baik. Ciptakan proses yang higienis, seperti sterilisasi kemasan, alat untuk memindahkan hingga timbangan. 

Cucilah tangan sebelum mulai memindah atau bisa juga menggunakan sarung tangan yang bersih. Pastikan juga isi atau volume produk tepat sebelum dimasukkan ke dalam kemasan baru. 

Wajib Menambahkan Informasi pada Label yang Lengkap 

Cetak label kemasan share in jar dengan informasi lengkap yang sama seperti kemasan aslinya. Mulai dari tanggal kadaluarsa, nama produk, netto, cara menggunakan, menyimpan dan juga komposisinya. 

Informasi pada label ini harus mudah dibaca oleh konsumen agar mereka lebih percaya dengan produk yang Anda jual kembali. 

Membuat Kemasan yang Menarik dan Aman 

Perhatikan juga desain kemasan share in jar, Anda bisa membuatnya lebih unik sebagai daya tarik utama. Saat ini banyak pilihan kemasan dari bentuk, ukuran hingga model yang bisa Anda dapatkan. 

Begitu juga dengan materialnya, pilih yang mirip dengan kemasan aslinya agar produk bisa tahan lama. Soal desain kemasan yang menarik, Anda bisa berpartner dengan Hsemei Pack International, yang merupakan jasa cetak kemasan profesional. 

Bersama tim  Hsemei Pack, Anda akan mendapat layanan full custom desain secara gratis. Desain kemasan dirancang secara khusus menyesuaikan dengan branding produk Anda. 

Amankan Bisnis Anda dengan Inovasi Kemasan Berkualitas di Hsemei Pack 

Bingung gimana caranya berinovasi dalam bisnis skincare atau kosmetik? Mulailah dari kemasan share in jar yang sekarang sedang tren.

Rancang langsung kemasannya di Hsemei Pack International, yang siap bermitra bersama Anda sekarang juga. Anda bisa tentukan sendiri jenis ukuran, material, sampai dengan desainnya secara lengkap tanpa batasan. 

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) selalu menjadi standar kami untuk mengontrol proses pengerjaan. Dari sinilah kami menjamin kemasan yang Anda dapatkan selalu dalam kualitas terbaik. 

Jadilah pebisnis skincare dan kosmetik dengan kemasan share in jar yang sukses. Hubungi kami dengan klik tombol di bawah ini untuk memulai perjalanan Anda!


banner 2 1
banner 2 2